Proposal untuk Usaha Baru

Pertanyaan

Bagus banget pak artikelnya….Cuma, sepertinya contoh di atas hanya untuk yang sudah punya usaha…. Gimana kalo baru mau usaha seperti saya… Bagi orang2 seperti saya yang baru mau buka usaha apa yang harus saya lakukan untuk pinjem kredit di bank???

Yoga Satria

Jawaban:

100_25195

Mas Yoga Satria, Calon Pelaku UMKM yang Budiman.
terimakasih sudah mengirimkan komentar dan pertanyaanya.
Memang benar, contoh proposal usaha tersebut adalah untuk usaha yang sudah berjalan. Bagi usaha yang baru (new bussiness) dimulai, contoh porposalnya lay outnya dapat mengikuti contoh proposal yang saya tulis.   Namun disesuaikan dengan jenis usaha apa yang hendak dikerjakan. Walaupun usaha nya baru, Anda tetap harus belajar menguasai usaha tersebut, mulai dari aspek produksi, pemasaran maupun keuangannya. Semuanya digambarkan/ditulis didalam proposal secara detil. Dengan adanya proposal yang jelas, maka pihak bank akan makin percaya kesanggupan Anda menjalankan usaha yang baru tersebut.
Coba lah buat rencana usahanya, uraikan secara rinci mengenai aspek aspek usaha. Selamat mencoba. Silahkan berkonsultasi lewat email atau hp.

Deddy Edward Tanjung

NB : Berikut saya kirimkan file utuh contoh proposal usaha roti melalui program KUR untuk dapat dianalisa lebih lanjut, semoga bermanfaat, silahkan diterima di emailnya.

=== 0 ====

Pertanyaan & Comment

Bagaimana caranya memulai usaha yang baru agar yakin ya pak? terimakasih,.

putrassentana@yahoo.com

Mas Putra Sentana, calon wirausaha yang budiman

Untuk memulai usaha agar yakin, tentunya sesuatu yang lumrah, jika seseorang dihinggapi rasa kurang percaya diri, ragu, kurang pd, dsbnya.

Dalam ilmu manajemen produksi dan operasi terdapat dua keputusan, pertama keputusan teknis dan kedua keputusan strategis. Keberanian memulai suatu usaha termasuk ke dalam keputusan strategis bagi seseorang. Ciri khas keputusan strategis adalah, keputusan tsb berdampak luas dan berjangka panjang terhadap kehidupan seseorang dan keluarganya.

Sehingga sangat lumrah, banyak orang yang takut, ragu, tidak yakin, untuk memulai suatu usaha, atau menjadi seorang pengusaha, menjadi entrepreneur. Karena memang sekali memutuskan, dampaknya luas dan pengaruhnya jangka panjang.

Kiat praktis agar yakin adalah :

· Pelajari terlebih dahulu usaha yang akan dilakoni, amati, kalau perlu ikut magang dulu (coba perhatikan, keluarga kita dari kelompok non pribumi, mereka biasanya bekerja, sambil mempelajari seluk beluk bisnis tersebut, setelah paham, baru memulai)

· Susun rencana usaha, semacam bisnis plan (coba baca artikel saya tentang bisnis plan), tuliskan secara rinci, apa, mengapa, bagaimana, siapa yang akan melakukan usaha tersebut.

· Singkat cerita, terapkan kaidah manajemen sederhana POAC, planning, organizing, actuacting, controlling. Planning berarti menyiapkan rencana segala sesuatu yang akan dilakukan 5W 1 H, what, where, when, who, why, how. Organizing berarti bagaimana mengorganisasi operasional usaha tersebut, siapa melakukan apa, atur tugas organisasi secara jelas. Actuating berarti melakukan kegiatan teknis operasi (ingat ilmu mnj produksi / operasi waktu kuliah). Sedangkan controlling berarti, melakukan pengawasan melekat terhadap detil operasi usaha, jangan pernah mengabaikan setiap transaksi, operasi, komunikasi, dsbnya.

· Kira kira begitu ya Mas Putra Sentana

Semoga bermanfaat

Previous Next

Leave a Reply