Usaha Lintah

ATM ~ Bisnis Lintah Yang Menggiurkan.

Sore itu sambil meneguk secangkir kopi aku duduk menantikan acara jendela usaha yang secara rutin ditayangkan oleh TV One setiap hari Jumat pukul 16.00 s/d 16.30.  Kali ini tema yang disajikan sangat menarik yakni bisnis budidaya lintah. Lokasi budidaya berada di Depok dengan mengangkat profil salah seorang peternak lintah yang sukses di bidangnya. Adapun rangkuman acara jendela usaha dapat dinikmati dari tulisan berikut ini.

Bisnis lintah kini menjadi buah bibir di manca negara dan menjadi barang langka di Indonesia. Besarnya permintaan tidak sebanding dengan pemain (bisnis) di bidang ini (usaha lintah).  Apalagi dibandingkan dgn permintaan dari luar negeri. Permintaan sangat tinggi. Misalnya Jerman, Rusia, dan negara Eropa lainnya dan China.  Negara ini banyak memanfaatkan lintah untuk bahan obat obtan bagi rumah sakit. Indonesia sendiri banyak menerima permintaan dari luar negeri, tentunya dengan harga yang menggiurkan.

Latar Belakang Pak Midin Muhidin, Peternak Lintah

Berawal dari penyakit yang diderita orang tuanya, melakukan terapi lintah dari salah satu klinik pengobatan.  Ternyata membawa hasil.  Lalu terinspirasi untuk memulai usaha lintah karena lintah yang digunakan untuk terapy berasal dari alam. Metoda yang digunakan adalah ATM yakni amati tiru dan modifikasi. Usaha dimulai sejak awal 2009 hingga sekarang. Modal awal usaha Rp.10 juta untuk biaya modal dan investasi. Pada awalnya di cibir oleh teman-temannya. Ternyata pilihannya benar dalam satu tahun sudah menghasilkan. Kini setiap bulan mampu menjual 10.000 ekor lintah per bulan dengan harga Rp.3.000 per ekor. Setelah dipotong biaya maka sisa kentungan bersih sebesar 15 juta per bulan.

Kini Midin mencari petani plasma yang mau bermitra dengan konsep plasma. Pada tahap awal akan diberi pelatihan, hasil budidaya akan ditampung. Untuk memulai usaha bisa dengan 500 ekor indukan dan dipelhara sesuai kondisi habitat aslinya, mereka akan berkembang biak secara alami.  Untuk 500 ekor perlu biaya indukan 1,5 juta, lokasi.

Lintah, hewan hermaprodit.

Lintah termasuk Binatang tdk bertulang belakang seperti belut, cacing, tetapi lintah termasuk pemakan sesama sehingga perlu cara khsusus dalam pemeliharaannya. Sebagai hewan hermaprodit lintah memiliki dua kelamin jantan dan betina. Cara membedakan kelamin lintah, kelamin jantan kulit lebih kasar dan berbulu sedangkan yang betina lebih halus.

Bisa digunakan utk alat medis. Punya alat hisap, air ludah mengandung zat aktif, mampu mencegah penggumpalan

Pantas dijual mulai umur 8 bulan s/d 5 tahun bisa digunakan utk pengobatan.  Harga jual utk terapi pengobatan Rp. 3000/ekor

Cara Budidaya Lintah
Lintah dapat dibudidayakan dengan mengembangbiakkannya pada lokasi yang mirip dengan habitat alami lintah yaitu lokasi yang tidak terpapar matahari langsung, agak teduh dan lembab. Tempat budidayanya dapat berupa kolam konkrit atau peluran, kolam kanvas dan polytank.

Cara mengawinkan disuatu wadah utk 2 x 1,5 m diisi 2000 ekor indukan lintah.  Mereka akan kawin dan berkembang biak secara alami, bertelur dgn sendirinya. Pada habitat aslinya akan bertelur di akar akar tanaman enceng gondok.  Setelah bertelur dipisah di kolam lain, agar tdk menjadi predator sesama. Bisa berkembang biak secara alami. Anak lintah cukup diberi pelet, setelah 2 bulan diberi darah dari pakan lain yang tdk bertulang belakang. Lintah bila diberi pakan dan kenyang mampu bertahan hingga 6 bulan.

Cara Operasional Budidaya Lintah
Lintah budidaya harus di jaga habitatnya sealami mungkin, dengan memberikan air dengan kadar pH normal, tinggi air di buat setinggi 1/2 ukuran tinggi kolam. Didalam kolam dimasukkan pula tanah, bebatuan untuk lintah bermain dan juga tanaman pelindung semacam eceng gondok.Kolam harus selalu dijaga dari polutan, karena lintah akan responsif sekali terhadap tembakau, cat, tiner, garam ataupun alkohol. Polutan tersebut dapat menyebabkan kematian pada lintah.

Makanan dan Pembiakannya
Makanan alami lintah adalah darah. Di habitat asli asupan darah didapat dari binatang semacam kerbau atau ikan. Nah, untuk budidaya dapat digunakan belut, ikan lele dan juga darah sapi. Namun jangan sekali-kali menggunakan darah kambing karena dapat menyebabkan kematian pada lintah. Pakan diberikan dua minggu sekali, sumber pakan lintah dari ikan lele atau belut. Lintah akan mengisap darah ikan atau belut tersebut.  Yang terbaik pakan belut. Untuk 20.000 ejor lintah perlu 4 kg belut @ Rp. 52ribu per kilogram,atau Rp. 200rb per bulan.

Pemberian pakan dengan belut dapat menggunakan kawat nyamuk, dimana belut dijepit dengan kawat tersebut dan dimasukkan ke kolam lintah. Begitu belut diceburkan ke kolam maka lintah yang lapar akan menghisap darah belut tersebut. Belut diangkat sekitar 1 hari setelah peletakan. Pemberian pakan ini rutin dilakukan setidaknya 2 minggu sekali untuk masing-masing kolam.

Cara Terapi Pengobatan Menggunakan Lintah
Lintah bisa digunakan utk alat medis (kesehatan dan pengobatan). Hewan ini alat hisap berbentuk bulat, air ludah mengandung zat aktif, mampu mencegah penggumpalan darah. Terapi lintah pada dasarnya mirip dengan terapi bekam. Kelebihan utama dari lintah adalah adanya zat Hirudin yang bermanfaat sebagai zat anti koagulan yang berfungsi melancarkan aliran darah yang tersumbat. Terapi dilakukan dengan menempelkan lintah pada titik-titik akupuntur yang berhubungan dengan penyakit pasien.

Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Pendukung Terapi Lintah
Alat utama adalah lintah itu sendiri yang didukung oleh peralatan antara lain jarum untuk menitik agar keluar darah perangsang lintah, pinset untuk mengambil lintah, kain kasa dan kapas untuk menutup bekas luka, alkohol 90% untuk sterilisasi luka, sarung tangan plastik / latex sebagai pencegah kontak langsung dengan darah pasien dan tempat buangan lintah bisa berupa ember.

Penyakit yang dapat diobati dengan terapi lintah
Penyakit yang paling efektif diobati dengan lintah adalah jenis penyakit yang berhubungan dengan aliran darah semisal hipertensi, asam urat, kolesterol tinggi, stroke, parkinson, epilepsy, migrain, vertigo, varises, wasir dll. Lintah juga efektif untuk kosmetika atau kecantikan untuk menghilangkan jerawat, vitiligo, penurunan berat badan dll.

Nah, bagi yang tertarik dengan usaha budidaya lintah, silahkan gunakan metode ATM, amati tiru dan modifikasi. Keterangan lebih lanjut bisa menghubungi website budidaya lintah yang diasuh oleh Bpk Midin Muhidin.

Jika Bapak/Ibu berminat, dapat menghubungi setiap hari di :
- Telepon : (021) 9765556 / 08176434677
- e-mail : enhamidin@gmail.com
- website : www.lintahindonesia.co.cc

Demikian, informasi peluang usaha. Kiranya bisa bermanfaat bagi Bapak/Ibu/Saudaraku para pelaku atau calon pelaku UMKM.  Modal sedikit, permintaan jelas, cara budidaya gampang. Silahkan dicoba. Pakai Metoda ATM.

Wassalam

Leave a Reply